Breaking News

Lemahnya Pengawasan, Beberapa Nagari Diduga Berikan Laporan Fiktif

Kabupaten 50 Kota (Sumbar),FN -  Beberapa Nagari yang berada Di Kabupaten Limapuluh Kota hingga berita ini diturunkan diduga masih tetap melaksanakan Proyek, dengan dana yang berasal dari ADD (Anggaran Dana Desa) dan  DAUN (Dana Alokasi Umum Nagari). Padahal tahun anggaran sudah habis dan sudah tutup buku pada akhir bulan Desember lalu.

Kenapa sampai bulan Januari ini mereka masih melaksanakan Proyek-proyek tersebut. Lalu, laporan apa yang telah dikirimkan oleh beberapa Nagari tersebut? Apakah ini yang dikatakan laporan fiktif?

Hal ini terungkap waktu Figurnews.com mendatangi salah satu pekerjaan Rabat Beton, Rabu (3/1/2018) siang di Nagari Suliki yang tepatnya di Jorong Jariangau dengan Pagu Dana Rp.284.013.641,-. Sumber Dana : Dana Desa Tahun Anggaran 2017. Dengan Volume 3 X 0,15 x 655 Meter, di Rincikan Menjadi: Lebar 3 Meter, Ketebalan 15 Cm dan Panjang 655 Meter.

Kalau dihitung dari bobot pekerjaan hanya baru sekitar 70 %, hal itu langsung melihat dilokasi tersebut. Wali Nagari Suliki saat dikonfirmasikan melalui hubungan seluler (3/1/2018) “Kenapa sampai hari ini masih melaksanakan pekerjaan proyek”?

“Hal itu terkendala, karena hari sering hujan,”kata Walinagari

 Namun ketika media ini menanyakan, apakah Laporan Pertanggung Jawabanya sudah selesai?

“Belum, tanggal 31 Januari habisnya,” tambahnya lagi.

 Sekaitan hasil temuan tersebut , Figurnews.com,Rabu (3/1) Siang mempertanyakan boleh atau tidaknya melaksanakan pekerjaan di Tahun Anggaran yang sudah berlalu pada Camat Suliki.

 “Saya belum tahu kalau masih ada juga pekerjaan sampai saat ini, saya akan coba konfirmasikan langsung dengan Wali Nagari tersebut,” kata Camat Suliki.

Setelah 2 hari berlalu, media ini mencoba menghubungi Camat Suliki lagi guna melengkapi berita supaya berimbang dalam pemberitaan dan mencoba mengkonfirmasi, namun Camat Suliki tidak mau meng-angkat Selulernya.

Padahal, Camat sesuai dengan Pasal 24 Permendagri Nomor 37 Tahun 2007 Berkewajiban Membina dan Mengawasi Pelaksanaan Pengelolaan Keuangan Dana Desa. Di UU Dana Desa juga tertuang, apabila sampai akhir dengan akhir bulan Desember Tahun Anggaran berjalan Pelaksanaan Kegiatan belum selesai atau belum mencapai 100% dan terdapat Sisa Dana ADD tersebut tidak dapat dicairkan.

Dengan muncul persoalan tentang proyek bermasalah tersebut, esok harinya salah satu dari tokoh masyarakat Nagari Suliki berinisial (A) yang kebetulan kenal dan menghubungi Figurnews.com. Dalam hal ini bertujuan dan adapun bermaksud dari pembicaraanya yaitu, seolah salah seorang tokoh masyarakat tersebut berusaha melobi agar persoalan ini tidak diberitakan.

Proyek tesebut sempat terhenti selama 2 hari setelah media ini mendatangi lokasi pekerjaan tersebut. Namun, informasi dari masyarakat setempat yang menghubungi Figurnews.com.

“Sekarang proyek tersebut telah memulai pekerjaannya seperti biasa,” kata masyarakat itu pada Figurnews.com. (F 053)



No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre