Breaking News

Gubernur Irwan Prayitno, Buka Secara Resmi Seminar Edukasi Lingkungan

Padang(Sumbar),FN - Pemerintah Provinsi Sumatera Barat (Sumbar)mengadakan Seminar Edukasi Lingkungan bagi para jurnalis, Kamis (11/1/2018) jam 09.00 Wib di Pangeran Beach Hotel. Acara tersebut dalam rangka Hari Pers Nasional Tahun 2018, yang bertujuan untuk menambah pengetahuan bagi para jurnalis untuk memperdalami tentang dampak lingkungan.

Pembukaan acara Seminar Edukasi Lingkungan, langsung oleh Gubernur Irwan Prayitno sekaligus memberi kata sambutan. Dalam penyampaiannya Irwan Prayitno minta para jurnalis untuk memantau serta menjelaskan maksud dan tujuan dari seminar tersebut. Dengan adanya seminar ini salah satu upaya untuk meningkatkan kemampuan serta pengetahuan tentang persoalan lingkungan khususnya Sumatera Barat. Pemerintah Provinsi Sumbar tidak akan intervensi terhadap pemberitaan sekaitan kinerja SKPD/OPD dalam persoalan apapun hasil pemberitaan. Dan itu merupakan kritikan terhadap kinerja dan bisa jadi acuan untuk membenahi atau pun memperbaikinya.

Pemerintah Sumatera Barat sangat komit untuk menjaga lingkungan, terutama hutan. Dengan keseriusan tersebut, Sumbar salah satu daerah yang paling banyak mendapatkan penghargaan terkait lingkungan, Hal ini dikatakan Gubernur Sumbar Irwan Prayitno yang membuka secara resmi seminar edukasi lingkungan bagi wartawan dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) 2018.

Irwan Prayitno  mengungkapkan, saat ini masih ada Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang tidak paham dengan aturan lingkungan, bahkan ada yang tidak mau tahu."Ini adalah langkah baik dalam menyatukan cara pandang yang sama terhadap lingkungan, sehingga kita sama-sama dapat menjaga lingkungan," sebut Gubernur Irwan Prayitno pada pembukaan kegiatan tersebut.

Menurutnya, jika tidak ada satu pandangan dalam melihat satu persoalan, maka akan menghasilkan penilaian yang berbeda pula. Untuk itu seandainya media satu pandangan, maka semua persoalan terkait lingkungan dapat diatasi dengan baik.

"Ada yang mengaku aktivis, asal menentang saja. Tidak paham, ada yang pura-pura tidak paham. Kalau sudah begitu susah. Untuk itu dengan adanya wawasan lingkungan hidup yang diberikan pada wartawan, dapat menciptakan informasi yang tepat terkait lingkungan. Karena media menjadi sumber informasi yang berpengaruh bagi masyarakat,” ungkapnya.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Sumbar, Siti Aisyah menyatakan, ini merupakan upaya Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Sumbar dalam memberikan tambahan ilmu bagi awak media. Dimana, isu lingkungan ini sangat strategis, sehingga nanti adanya penjelasan tambahan kepada awak media dalam menambah referensi isi pemberitaan yang akan disampaikan kepada masyarakat.

Pada kegiatan seminar  dengan tema jurnalis lingkungan membangun kesadaran dan empati masyarakat terhadap lingkungan tersebut, juga dilakukan kegiatan peninjauan ke lapangan.

Tinjauan lapangan ke beberapa titik di Kota Padang diantaranya dilakukan di bawah jembatan Siti Nurbaya kawasan Sungai Batang Arau, dan memantau di kawasan jembatan aliran sungai tepat di bawah jembatan Ujung Tanah. Lubuk Begalung. Dari kegiatan itu wartawan diminta mengindifikasi isu terkait dampak lingkungan yang ada di lokasi kunjungan .

Hampir satu jam para awak media yang ikut seminar edukasi langsung kelapangan dan melihat  beberapa lokasi yang cukup menarik untuk dibahas. Para juga diberi kesempatan untuk mengambil gambar yang cukup menarik tentang pencemaran sungai Batang Arau hingga ke hulunya.

Usai dari lokasi peninjauan, para awak media kembali ke Hotel Pangeran Beach membahas hasil yang diperoleh dilapangan tersebut. Dari hasil peninjauan tersebut, Siti Aisyah minta pendapat serta topik apa saja yang cukup menarik dan perlu dikaji untuk edukasinya.

Memang ada beberapa sorotan tentang kondisi Batang Arau dari hulu hingga hilir, yang banyak sampah pelastik dan juga beberapa sedimen yang menumpuk membuat pendangkalan termasuk  munculnya beberapa pulau hasil tumpuk dari sedimen tersebut.





No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre