Breaking News

Fosil Ichthyosaur ditemukan untuk pertama kalinya di India

Ini adalah pertama kalinya fosil ichthyosaurus ditemukan di India

Para ilmuwan di India telah menemukan fosil seekor ichthyosaurus berusia 152 juta tahun - sebuah reptil laut yang punah - di negara bagian barat Gujarat.

Ini adalah pertama kalinya fosil ichthyosaurus ditemukan di India.

Fosil tersebut ditemukan di dalam batuan dari Era Mesozoikum, yang berkisar antara 252 dan 66 juta tahun yang lalu, di gurun Kull.

Prof Guntupalli VR Prasad, yang memimpin penelitian tersebut, mengatakan bahwa spesimen 5.5m (18ft) hampir selesai.

Hanya bagian tengkorak dan tulang ekor yang ditemukan hilang.

Temuan ini telah dipublikasikan di jurnal ilmiah Plos One.

"Ini adalah penemuan yang luar biasa bukan hanya karena ini adalah rekaman ichthyosauria Jurassic pertama dari India, namun juga menyoroti evolusi dan keragaman ichthyosaurus di wilayah Indo-Madagaskar dan konektivitas biologis India dengan benua lain di Jurasik," Mr Kata Prasad.

Tim yang terdiri dari ilmuwan dari India dan Jerman, yakin spesimen yang baru ditemukan dapat diidentifikasi dengan Ophthalmosauridae, keluarga ichthyosaurus yang hidup di lautan antara 165 dan 90 juta tahun yang lalu.

Ichthyosaurus

Sering salah diidentifikasi sebagai "dinosaurus berenang", mereka pertama kali muncul pada periode Trias awal (251 juta sampai 199 juta tahun yang lalu)

Namanya berarti kadal ikan, meski makhluk itu telah diklasifikasikan sebagai reptil sejak pertengahan abad ke-19

Panjangnya berkisar antara 1m sampai 14m - meskipun panjang rata-rata 2m sampai 3m (fosil Doncaster adalah 1,5 m)

Makhluk itu terkenal karena giginya yang tajam dan kuat.

Ichthyosaurus punah sebelum dinosaurus, sekarat di awal periode akhir Kapur (145,5 juta sampai 65,5 juta tahun yang lalu)

Sumber: Ensiklopedia Paleontologi.

Sebuah pernyataan dari tim tersebut mengatakan bahwa identifikasi spesimen baru tersebut mungkin akan menyoroti apakah ada hubungan antara India dan Amerika Selatan sekitar 150 juta tahun yang lalu.

Pemeriksaan gigi fosil menunjukkan bahwa itu adalah predator top-tier di ekosistemnya, tambahnya.
#.BY. BBC

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre