Breaking News

Iqbal Tansin Dt. Majo Basa : Pemerintah Kab. Solok sangat arogan sekali, hak kami dikuasai tanpa sepengetahuan kami…!!?

Selayo-Kab.Solok(Sumbar), FN  --- Kembalinya Kabupaten Solok mempunyai Gedung Baru yang digunakan untuk promosi bagi UMKM (Usaha Menegah Kecil Mikro). Dan ini juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan perekonomian bagi para UMKM di Kabupaten Solok yang diresmikan oleh Bupati Solok, H.Gusmal, Selasa (6/6) jam 16.00 WIB.

Dalam acara tersebut juga hadir Ketua DPRD Kab. Solok beserta undangan lainnya termasuk beberapa tokoh masyarakat. Acara peresmian Gedung Promosi tersebut dikawal ketat oleh keamanan dari Polres Solok termasuk unsur Sat Pol PP dari kabupaten Solok. Dan ini sangat aneh dalam peresmian tersebut, pada hal acaranya biasa saja. Namun dari informasi dilapangan, bahwa pihak atau pemilik tanah diatas bangun tersebut akan melakukan aksi damai untuk menutut haknya dan berkemungkinan akan terjadi bentrok fisik.

Dari rumor yang berkembangan tentang pembangunan gedung tersebut beberapa kejanggalan seperti tanah yang ada bangun tersebut masih dalam sengketa. Belum lagi pembangunan tersebut juga bermasalah, yang mana proyek pembangunan gedung terindikasi tidak sesuai dengan speck. Dan ini dibuktikan dengan gambar kerja yang tidak sesuai dengan bentuk fisik saat ini. Seperti Folding Gate diganti dengan Kaca, seharus direvisi atau diandendumkan.

Namun ketika Figurnews.com mempertanyakan tentang status tanah berdirinya gedung Promosi serta bangunan tersebut tidak sesuai speck pada Nasripul Kadis Deperindag Kab.Solok via Hp 081311623XXX Selasa(6/6) siang.

Dalam keterangan, Nasripul menjelaskan bahwa status tanah tersebut telah ada sertifikat hak pakai milik Pemda Kab. Solok yang dikeluarkan oleh BPN Kabupaten Solok. Dan kalau masalah bangunan telah sesuai yang kita hendaki dan gedung itu digunakan untuk mempromosikan produk UMKM.

Nasripul juga banyak kenal dengan semua wartawan dan saya sendiri juga wartawan koq dan seolah –olah membanggakan diri dengan maksud untuk menakut –nakuti  Figurnews.com atau ada tujuan lain.

Melihat sikap Nasripul itu, Figur juga mempertanyakan status wartawan dia atau memang dibenarkan ASN menjadi seorang wartawan…? Menurut Dewan Pers, ASN atau PNS tidak dibenarkan jadi wartawan dan itu telah dituangkan dalam Undang – Undang. Jika ada ASN atau PNS jadi wartawan dia berhak untuk diberi sangsi yang tegas kepala daerahnya dan itu memang aturan.

Sementara itu, Gedung diatas tanah juga terindikasi bermasalah dan ini dibuktikan oleh Iqbal Tansin Dt. Majo Basa sebagai pemilik yang sah. Dalam keterangannya pada Figurnews.com dirumah gadang Selayo menjelaskan asal usul tanah tersebut.

“ Pemerintah Kab. Solok dengan arogan sekali, hak kami dikuasai tanpa sepengetahuan kami…,”ungkap Iqbal Tansin Dt. Majo Basa dikediaminya.

Namun Figurnews.com mempertanyakan awal mulanya tanah tersebut dan sampai disertifikat oleh pemerintah kabupaten Solok.

“Awal mulanya sebidang tanah mamak saya dikontrak seluas 15 m x  30 m untuk penumpukan matrial oleh bina marga DPU (Dinas Pekerjaan Umum), jadi disebelah itu ada tanah saya dan kaum saya juga, karena tidak kami hiraukan, jelas-jelas tanah kami. Dipelebar, dibangun – dibangun oleh Perindstrian, sampai semua tanah saya terbawa dan sekarang namanya Konperindag,”ujar Iqbal Tansin Dt.Majo Basa.

Kenapa hal itu sampai terjadi dan apa tidak ada tindakan dari Bapak untuk mempertanyakan atau mengetahui hal itu dan itu hak bapak.



Video : Iqbal Tansin Dt. Majo Basa menjelaskan duduk persoalan tanahnya

“Setiap kami bertanya, tidak dijawabnya. Datang kami kekantor bupati dilempar kekantor gubernur, datang kesana kami disuruh kekantor arsip, dan ini asset pusat katanya, kami dibikn bingung oleh pemda kabupaten,” terangnya lagi.

Dan bukti - bukti apa saja yang ada sama bapak tentang kepemilikan tanah tersebut.

“Ada alas hak, ada surat perjanjian asal usul tanah tersebut, dan bukti surat akta perjanjian dan juga sebagian tanah saya, dan ini surat alas yang telah ditanda tangani oleh ninik mamak 4 jinih, walinagari dan KAN pada bulan Mei tahun 1997, ” sebut Iqbal Tansi Dt. Majo Basa sambil memperlihatkan bundle surat tersebut pada Figurnews.com.

Figurnews.com juga menanyakan harapan kedepan tentang penyelesaian persoalan tanah dengan pemerintah kabupaten Solok.

“Harapan saya perdamaian dan hitung - hitungan hak saya dikembalikan oleh pemda kabupaten Solok untuk secepatnya menyelesaikan tanah saya ini sebelum kemenakan - kemenakan saya bertindak,”pungkasnya. (tunggu lanjutanya)
     

        

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre