Breaking News

Ratusan Masyarakat Kapalo Hilalang Unjuk Rasa Ke DPRD Sumbar. Mereka Minta Tanah Ulayat Dikembalikan

Padang(Sumbar), FN --- Masyarakat Kapalo Hilalang berunjuk rasa di gedung Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Provinsi Sumatera Barat, Senin (8/5) menuntut tanah ulayat yang dipakai untuk pembangunan gedung kampus Politeknik Negeri Padang dan Institut Seni Indonesia (ISI) Padang Panjang agar dikembalikan.

Sekretaris Forums Pembela Tanah Ulayat Muhammad Ali mewakili warga menyampaikan, lahan seluas lebih kurang 669 hektare tersebut adalah tanah ulayat. Pada tahun 1904, lahan tersebut disewakan kepada pemerintah kolonial Belanda selama masa 75 tahun. Setelah masa sewanya habis, lahan diambil alih oleh Komando Rayon Militer setempat hingga tahun 1998, setelah itu kembali dikelola oleh masyarakat.

Dia menerangkan, saat ini proses pembangunan tetap berlanjut tabpa adanya musyawarah dan mufakat dengan niniak mamak dan masyarakat yang punya tanah.

 Masyarakat menggangap Bupati Padang Pariaman dinilai tidak menghargai Niniak Mamak dan juga telah merampas tanah ulayat masyarakat Nagari Kapalo Hilalang, Kecamatan 2 X 11 Enam Lingkung.

Sementara Niniak Mamak Kapalo Hilang, Bactiar Rajo Mangkutu saat beraudiensi dengan Komisi I DPRD Sumbar mengatakan tanah yang dibangun sekarang untuk pembangunan kampus merupakan tanah ulayat. Namun Bupati Padang Pariaman seenaknya mengklaim itu tanah negara. “Kalau memang tanah negara, bupati harus membuktikan, jangan asal mengkalim itu tanah negara, kala betul, berarti tidak ada gunanya niniak mamak selama ini. Sampai kapan pun, selagi masih hidup saya akan memperjuangkan tanah ulayat ini,” ungkapnya tegas.
 
Sejauh ini Bupati enggan menemui masyarakat untuk melakukan musyawarah sementara proses pembangunan tetap berlanjut. Artinya Bupati sama sekali tidak menghargai kami ini, niniak mamak. hanya memikirkan kepentingan dia dan segelintir orang tanpa mempedulikan kemaslahatan masyarakat banyak.


#   fby

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre