Breaking News

Tim Nusantara Sehat Sebagai Penugasan Khusus Tenaga Kesehatan Tiba Di Bumi Sikerei

Mentawai ( Sumbar), FN – Untuk meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat di daerah terpencil dan terdepan, Kementrian Kesehatan menurunkan Tim Nusantara Sehat ke Kabupaten Kepulauan Mentawai, Kamis (25/5/2017). Hal ini disambut baik serta meng-apresiasi oleh Pemerintah Kabupaten Kepulauan Mentawai melalui Dinas Kesehatan.

Untuk tahun ini, Tim Nusantara Sehat yang terdiri 21 tim, mereka akan ditugaskan di empat Pukesmas Kep. Mentawai, yakni Puskesmas Betaet, Peipei, Saibi dan Saumanganyak. Mereka semuanya langsung melakukan pelayanan kesehatan terhadap masyarakat.

Disela-sela kegiatan, Kepala Dinas Kep. Mentawai Lahmuddin Siregar mengatakan, Tim Nusantara Sehat Batch 6 terdiri 5-6 orang setiap timnya. Dan mereka terdiri dari berbagai profesi dibidang kesehatan, baik dokter, bidan, perawat, analis kesehatan, farmasi dan kesehatan lingkungan. Secara khusus mereka akan bertugas selama dua tahun di Bumi Sikerei dalam mendukung serta meningkatkan pelayanan kesehatan masyarakat setiap puskesmas.

“Para Petugas Tim Nusantara Sehat siap berkolaborasi untuk mengimplementasikan 7 pesan sikerei di Kabupaten Kepulauan Mentawai dengan pendekatan secara keluarga. Tim Nusantara Sehat juga sebagai energi baru untuk mewujudkan Bumi Sikerei yang lebih sehat sebagai visi misi Dinas Kesehatan di bawah pimpinan Bupati dan Wakil Bupati Mentawai,” jelas Lahmuddin pada awak media, Jumat (25/5/2017).

Sebagai Kadis Kesehatan Mentawai, Lahmuddin sangat berharap tim Nusantara Sehat mampu memberikan pelayanan di pulau-pulau terluar pelosok Mentawai yang merupakan salah satu perhatian dari program Kementerian Kesehatan. Dengan kehadiran tim nusantara sehat dapat membantu pelayanan, terutama dalam meningkatkan peran serta dan kesadaran masyarkat dalam hal kesehatan.

Dengan kehadiran Tim Nusantara Sehat didaerah itu, Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet sangat meng-apresiasi kedatang mereka. Yudas juga mengatakan, keberhasilan dalam pelayanan kesehatan, bukan pada banyaknya masyarakat yang terlayani di puskesmas maupun rumah sakit, namun dengan bekerja sepenuh hati serta kepedulian dalam melayani masyarakat Mentawai yang majemuk. Ia minta tim nusantara sehat untuk memberikan ilmu jangan hanya sekedar teori, tapi juga merupakan implementasi dan tujuan.

Untuk itu, ia sangat berharap peran tim nusantara sehat hendaknya lebih kepada memberikan pendampingan dan pembinaan kepada masyarakat untuk mewujudkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS). Dan jika PHBS telah diterapkan, maka kesehatan masyarakat akan lebih baik lagi kedepannya. (*)


No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre