Breaking News

K3S Kabupaten. 50 Kota Pungut Biaya Ujian Try Out SD/MI Tahun Ajaran 2016/2017 Bervariasi, Tanggung Jawab Siapa ?

Limapuluh Kota (Sumbar), FN --- Pelaksanaan Ujian Try Out Sekolah SD/MI Tahun Pelajaran 2016/2017 yang dilaksanakan pada tanggal 13 maret 2017 ini mulai menuai kontroversi dikalangan masyarakat. Ujian Try out ini diadakan oleh masing-masing kecamatan yang ada di kabupaten Limapuluh Kota ini. Pasalnya, Ujian yang menggunakan dana BOS ini diduga telah terjadi penggelembungan harga  dari telah ditetapkan.

                 
Informasi yang dihimpun Medi Figurnews.com dari setiap kecamatan-kecamatan terjadi perbedaaan yang agak mencolok.  Padahal lembaran soal dan jawaban disetiap kecamatan ini tidak jauh berbeda (nyaris sama). Mungkin bagi sekolah-sekolah yang dipelosok barangkali bisa kita maklumi, namun bagaimana dengan sekolah yang boleh dibilang sentral (pusat kota)?

Dari hasil konfirmasi melalui hubungan seluler  ke K3S Kecamatan Akabiluru Bustiar, Minggu ( 02/04) yang lalu, beliau mengatakan biaya ujian try out kemarin Rp.15.000/anak. Biaya itu untuk membuat kisi-kisi, edit soal, penggandaan dan monitoring dengan lembaran soal dan jawaban maksimal 8 lembar jawab Bustiar menambahkan.

Sementara itu, UPT Kecamatan Payakumbuh Alizar waktu ditemui di kantor Dinas Pendidikan waktu dikonfirmasi mengenai biaya ujian try out mengatakan, saya tidak tahu berapa biaya ujian try out kemarin.  Yang mengadakan ujian tersebut adalah K3S dan pengawas, lagian laporannya belum ada sampai kesaya kata Alizar pada Media ini. Tapi untuk lebih jelasnya biar saya kontak K3S terlebih dahulu katanya menambahkan. Disaat Alizar menelpon K3S tersebut memang disebutkan angka Rp.15.000/anak untuk biaya ujian try out tersebut.

Dan begitu juga sa’at dikonfirmasi melalui hubungan ponsel dengan UPT Guguak beberapa hari yang lalu mengatakan, kalau dikecamatan Guguak memang biayanya sekitar Rp.15.000/anak. Dengan lembaran soal dan jawaban sekitar 7 sampai 8 lembar saja.

Ketika  dikonfirmasikan ke UPT Lareh Sago Halaban Asrizal mengatakan, kalau di kecamatan ini biaya ujian try out kemarin sekitar Rp.12.500/anak, Cuma lembaran soal dan jawaban saya tidak ingat.

UPT Harau Syofian E waktu dikonfirmasi mengenai ujian ini menjawab, di kecamatan Harau biaya Cuma Rp.11.200/anak. Waktu dipertanyakan , kenapa kecamatan Harau bisa lebih murah dari kecamatan lain.

“Kami mengacu pada ujian yang diadakan oleh kabupaten,” ujar Sofyan E pada awak Figurnews.com
Sedangkan UPT Kecamatan Luak, Maizul menjelaskan tentang biaya Try Out dipungut sebanyak Rp13.000,- per siswa.

Namun di Kecamatan Kapur IX waktu dikonfirmasikan ke K3S Rinaldi mengatakan, untuk biaya ujian Try Out di sini Rp.12.500/anak.
“ Lembaran soal dan jawaban sekitar 8 lembar, dan kami memperbanyak/mencetak soal  ini dengan bapak Karespi dengan biaya Rp.8000/anak.  Dan sisa Rp.4.500/anak untuk menutupi  biaya pembuatan kisi-kisi, pengeditan soal, antar  jemput soal dll,” jawab Rinaldi menambahkan.

Yang anehnya dalam pengelolaan dana BOS tersebut, kenapa wilayah yang jauh dan terpencil bisa memperkecil biaya untuk Ujian Try Out tersebut?  Dan Kenapa diwilayah yang dekat dari sentral biaya Ujian tersebut menjadi membengkak, padahal lembaran soal dan jawab hampir sama disetiap kecamatan.  Contoh: biaya yang terkecil di kecamatan Harau dengan harga Rp.11.200/anak, dibanding dengan kecamatan lain yang harganya mencapai Rp.15.000/anak, Sudah bisa menghemat anggaran dana BOS Rp.3.800,-/anak.

Dapat dibayangkan berapa anak kelas VI yang ada dikabupaten LimapuluhKota ini, dan berapa anggaran yang bisa dihemat setiap mengadakan ujian? Ujian Try Out saja sudah 2 kali diadakan dalam tahun ini, belum ujian UTS dan Mit.

Dalam hal ini, hendaknya  Kadis  Diknas Limapuluh  Kota harus memanggil mereka dan minta keterangan serta  pertanggung jawaban mengenai biaya Try Out yang dipungut. Dan mereka harus transparan masalah pengunaan dana BOS tersebut  pada public. Atau memang terjadi pembiaran oleh diknas….?? Kita tunggu jawabannya…  (F.053).



1 comment:

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre