Breaking News

Pemerintah Secara Kongrit dan Komit Membina BUMD Bukan Hanya Cerita Retrorika Saja

Padang (Sumbar), FN --- Pemerintah Sumbar sudah seharusnya menyusun sebuah strategi besar ke depan untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD) melalui pengelolaan badan usaha milik daerah (BUMD) yang ada. 

"Peningkatan pendapatan daerah dan efektivitas pengelolaan BUMD, perubahan kebijakan harus diiringi dengan anggaran. Tidak seharusnya pendapatan daerah hanya mengandalkan bantuan dana perimbangan serta APBD saja," kata anggota DPRD Sumbar,  Marlis saat pembahasan RPMJ dengan mitra kerja, Rabu (19/4).

Padahal sudah jelas dalam otonomi daerah memberikan konsekuensi yang cukup besar bagi peran Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) dalam menopang Pendapatan Asli Daerah (PAD). Sesungguhnya usaha dan kegiatan ekonomi daerah yang bersumber dari BUMD telah berjalan sejak lama sebelum UU tentang otonomi daerah disahkan.

Dikatakannya, meskipun BUMD hari ini masih belum sesuai dengan yang diharapkan. Namun jika  ada kesungguhan dari pemerintah melalui biro ekonomi dalam melakukan penggarapan dan optimalisasi tentu akan berdampak ke PAD.

Pemerintah melalui biro ekonomi tidak hanya bekerja sebagai memasukan pemegang saham. Tapi bekerja melakukan pengawasan secara dekat, melihat secara khusus kegiatan dari BUMD, sudah sejauh mana proregsif program yang dijalankan.

"jika pemerintah tidak melakukan pengawan secara berkelanjutan, dipastikan tidak banyak kontribusi BUMD yang diberikan untuk Sumbar", sebutnya.

Dicontohkanyan saat ini Bank Nagari yang dianggap primadona Sumatera Barat memberikan sumbangsih saat ini kenyataannya dalam masa kritis, pertumbuhan kredit sangat jauh sekali mengalami penurunan. Dari januari hingga maret pertumbuhan kredit hanya mencapai 65 miliar. Jika demikian secara otomatis juga mempengaruhi pendapatan.

Dengan begitu, harusnya pemerintah sungguh- sungguh menugaskan dan menempatkan komisaris, dimana harus memiliki kemampuan tidak hanya menerima gaji.

"Begitu juga dengan Grafika masih jauh dari aset dimiliki,  belum tampak kontribusi besar yang diberikan untuk sumbar," katanya.


Setiap program yang masuk ke dalam RPMJ seharusnya pemerintah secara kongrit dan komit membina BUMD bukan hanya cerita retrorika saja. (*)



# By. Mn FB

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre