Breaking News

Gubernur Sumbar Irwan Prayitno Bersama Istrinya Hadiri Gala Premier Film Surau dan Silek

Padang (Sumbar), FN --- Silek (Silat-red) merupakan salah satu ilmu bela diri khas orang Minangkabau yang cukup terkenal seantaro dunia khususnya Indonesia. Dan itu merupakan kebudayaan nenek moyang dalam hal membela diri dari serangan lawan. Mereka yang belajar silek umum dilanggar/mushala atau mesjid dikampung dan itu memang keharusan bagi pemuda minang.

Ada pepatah yang cukup dikenal dalam hal atau prinsip beladiri Minang ini, “Musuh pantang dicari, lawan pantang diilakan” maksudnya ( Musuh tidak dicari, tapi lawan atau ada yang mau menantang tidak dielakan). Filsofi itu cukup dikenal pada zaman seisuak(dulu) dan itu masih diterapkan dibeberapa nagari.

Untuk mengenang tentang kebudayaan  tersebut, maka para ninik mamak me-inginkan tentang filsofi dari silek itu untuk di filmkan. Dalam film tersebut banyak pesan moral yang disampaikan, mulai hubungan anak dengan orangtua dan termasuk hubungan pertemanan.

Dalam kesempatan tersebut, Gubernur Sumbar Irwan Prayitno bersama istrinya Nevi ikut Hadiri Gala Premier Film Surau dan Silek.Alasan yang tidak kalah penting menonton Surau dan Silek, film ini mengangkat tema budaya Minangkabau. Sehingga dengan menonton film ini bisa menjadi langkah untuk melestarikan budaya.

Surau (tempat ibadah) dan Silek (silat) merupakan dua budaya yang selama bertahun-tahun menjadi pembentuk karakter bagi masyarakat Minang. Namun seiring perkembangan zaman budaya itu mulai jarang diketahui.


Film ini juga mengangkat budaya silek sebagai seni bela diri khas Minang yang harus dibarengi dengan iman. (*)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre