Breaking News

SMK Pelayaran Padang Mengadakan Khatam Alqur’an Bagi Siswa Kelas XII

Padang (Sumbar), FN ---  Untuk membangun karakter anak didik bukan dengan ilmu pengetahuan saja, namun akhlak mereka harus dibekali dengan agama. Karena dengan pendidikan saja tanpa agama mereka akan menjadi manusia tidak berbudi bahkan ilmu mereka peroleh akan jadi boomerang bagi dia sendiri maupun Negara. Tapi kalau mereka punya ilmu pengetahuan dan dibarengkan dengan agama , akan menjadi tameng yang sangat berguna bagi dia maupun Negara kelak.

Untuk menuju manusia yang berakhlak, SMK Pelayaran  Padang melakukan Khatam Al Qur’an bagi siswa dan siswi kelas XII, dan itu salah satu tujuan pihak Yayasan sekolah tersebut. Dan ini salah untuk merubah sikap mereka yang selama ini cukup keras dan harus diimbangi dengan agama. Acara Khatam Alqur’an tersebut diadakan disekolah dan juga dihadiri Dinas Pendidikan Sumbar yang diwakili Syafrizal,   Lurah, LPM, Babinsa, RW/RT dan beberapa orang tokoh dan pemuka masyarakat yang ada di sekitar sekolah  SMK Pelayaran Padang.

Dalam sambutan  kepala Dinas Pendidikan Sumbar yang di wakili oleh Syafrial, sangat meng-apresiasi apa yang dilaksanakan SMK Pelayaran Padang. Bahkan mereka sangat bangga serta mendukung kegiatan program khatam Alqur’an yang dilakukan pihak sekolah. Hendaknya ini menjadi contoh tauladan bagi sekolah – sekolah lain di Sumatera Barat.

“Kami sangat mengapresiasi kegiatan ini  sebab kami baru berancana untuk meerealisasikan khatam alqur’an ini di sekolah  -sekolah tapi SMK Pelayaran Padang sudah melaksanakanya karena itu kami sangat meng apriasinya,” ujar Syafrizal dalam pembukaan tersebut.

Khatam  Alqur’an ini  yang diikuti 26 orang siswa siswi SMK Pelayaran Padang kelas XII saja, hal itu dikatakan oleh Zulbahri Kepala sekolah SMK Pelayaran Padang pada Figurnews.com, Sabtu (25/3/2017) Jam 9.00 WIB dihalaman sekolah SMK Pelayaran  Padang. Acara tersebut berlangsung hingga sore, namun karena telah masuk shalat Zuhur makan siang, acara dihentikan dan para siswa melakukan shalat dimushala depan sekolah.

“Selama ini anak –anak yang tidak bisa mengaji sama sekali  tapi sekarang sudah bisa mengaji berkat didikan  ustad- ustad kita yang kita datangkan dari luar,” tutur Zulbahri pada awak media.

Di tempat terpisah Zulkarni Khamsa sebagai ketua yayasan SMK Pelayaran Padang  sangat bangga atas keberhasilan dari para guru dan termasuk Ustad yang didatangi dari luar.

“Khatam Alqur’an ini  di adakan dalam rangka pendidikan  keagamaan, dalam  rangka pembinaan mental, sikap, prinsip serta pembentukan karakter  anak anak,”ujar Zulkarnain Khamsa pada Figurnews.com.



 “Pembacaan alqur’an ini baru saja dicanangkan oleh dinas Pendidikan Sumatra Barat, tapi kita sudah melaksanakan terlebih dahulu. Dengan intinya anak tersebut kan pelaut inilah ilmu yang di bawa nantinya sebagai pedoman kehidupanya dalam melaut ,”ujar Zulkarnaeni Khamsa.

Program tersebut ini sudah di mulai semenjak Januari  dan hari inilah puncaknya. Program khatam Alqur’an ini diikuti oleh  kelas XII, 84 orang anak tapi yang bisa di khatam pada hari ini sebanyak 26 orang soalnya khatam  Alqur,an membaca surat Alfatiha sampai  surat  Al Anas .

“Untuk tahun 2017 ini kita juga melaksanakan UN-BK sesuai apa yang di anjurkan oleh Dinas Pendidikan, kita melaksankan di sekolah kita sendiri,” jelas Zukarnaini.

Namun ketika Figurnews.com menanyakan harapan kedepan dan juga pesan pada orang tua untuk memasukan anaknya di SMK Pelayaran Padang.


“Disamping itu Zulkarnaini berharap kepada para orang tua jangan ragu dan takut untuk memasukan anak mereka ke SMK Pelayaran ini karena disini mereka akan kami  anak anak mereka dengan ilmu kemaritiman dan ilmu agama sebagai pedoman bagi kehidupan  mereka,” pungkas Zulkarnaeni. 

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre