Breaking News

Yayasan Wawasan Islam Indonesia (YWII) Laksanakan Acara Seminar Sehari Refleksi Pemikiran Hamka Dan Sekaligus Peletakan Batu Pertama

Padang (Sumbar), FN – Untuk meningkat kecerdasan bangsa yang selama ini mulai luntur dan banyaknya nada miring tentang dunia islam. Maka Yayasan Wawasan Islam Indonesia melaksanakan acara Seminar Sehari Refleksi Pemikiran Hamka dan sekaligus peletakan batu pertama pembangunan Kampus II Pesantren Moderen Terpadu, Sabtu (25/3/2017).

Sebelum melakukan peletak batu pertama, Yayasan Wawasan Islam Indonesia melakukan pembukaan Seminar Sehari Refleksi Pemikiran Hamka di aula Kantor Walikota Padang, jalan Bagindo Aziz Chan Aie Pacah Padang.

 Dunia pendidikan islam di kota Padang bertambah dengan didirikannya Pesantren Modern Terpadu (PMT) Prof. Dr. Hamka di Aiepacah. Dengan di tandai peletakan batu pertama untuk pembangunan gedung baru SMP, SMA, asrama, dan Masjid pesantren (25/3/2017).

Acara tersebut dihadiri tokoh nasional Buya Ahmad Syafi’i Ma’arif langsung sebagai peletak batu pertama, dan di ikuti bersama Kepala BNPT, Komjen Pol Drs. Suhardi Alius, M.H, Kepala BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo SE, Ak, MBA, dan Gubernur Sumatra Barat, Prof. Dr. H. Irwan Prayitno,PSi,M.Sc, serta H. Yendra Fahmi selaku donatur masjid. Selain itu, juga dihadiri oleh Rektor UIN Imam Bonjol Padang, Dr. Eka Putra Wirman, Lc dan tokoh-tokoh besar lainnya baik dari kalangan politisi maupun akademisi.

Acara peletakan batu pertama yang dikemas bersama acara Seminar Sehari Refleksi Pemikiran Hamka ini disambut baik oleh berbagai pihak, termasuk pemerintah Kota Padang dan pemerintah Provinsi Sumatra Barat.

“Dengan dibangunnya gedung baru Pesantren Hamka di Kota Padang, maka bertambahlah jumlah pesantren yang berada di Kota Padang menjadi 13 pesantren, yang kesemuanya di-backup oleh pemerintah kota. Kami menyambut dengan sangat-sangat baik momen ini,” ujar Walikota Padang, H. Mahyeldi Ansharullah, SP.

Ketua Yayasan Wawasan Islam Indonesia (YWII) yang menaungi Pesantren Hamka, Dr. H. Jasrial M. Pd mengungkapkan bahwa sebagai upaya membesarkan nama Hamka, pihaknya melakukan pengembangan Pesantren Hamka ke Kota Padang dan acara peletakan batu pertama ini disandingkan dengan Seminar Sehari Refleksi Pemikiran Hamka yang diadakan di Aula Bagindo Aziz Chan, Balai Kota Padang.

Pembangunan ini mendapat bantuan dana dari Kementrian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat untuk pembangunan rusunawa, dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan untuk pembangunan gedung SMP dan SMA, serta sumbangan dari H. Yendra Fahmi untuk pembangunan masjid yang diberi nama Hj. Juliana.

Selain bantuan pembangunan, Pesantren Hamka juga memperoleh bantuan pendidikan berupa beasiswa dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Kepala BAZNAS, Prof. Dr. Bambang Sudibyo SE, Ak, MBA kepada Ketua YWII, Dr. H. Jasrial M. Pd, sebesar Rp170 juta pada acara seminar, menjelang acara peletakan batu pertama dimulai.


“Ini merupakan bantuan awal untuk PMT. Prof. Dr. Hamka yang kontinuitasnya tergantung prestasi penerima beasiswa. Jika prestasi bagus, tentu akan tetap dilanjutkan, namun jika tidak bagus, bantuan akan diberhentikan. Hal ini juga sebagai bentuk sanitasi untuk para santri di pondok-pondok pesantren, untuk menunjang kemajuan pendidikan mereka.” Demikian ujar Kepala BAZNAS saat menyampaikan kata sambutan, yang kemudian dilanjutkan dengan penyerahan beasiswa secara simbolis kepada Ketua YWII. Beasiswa ini dialokasikan kepada 36 santri Pesantren Hamka yang dianggap membutuhkan bantuan tersebut untuk menunjang pendidikan mereka.(*)

No comments

PT. Figur Anugrah Media Mengucapkan: Selamat datang di www.Figurnews.com, Terima kasih telah berkunjung.. Semoga anda senang! Tertanda Pemred: Yuamran Andre